Diklat Keprotokolan

Minggu lalu, tepatnya 18-19 Juni 2009, saya diberi tugas oleh kantor untuk mengikuti pendidikan dan latihan di bidang Keprotokolan di Pemerintah Propinsi DIY. Karena saya memang bertugas di Bagian Protokol Setda Kota Yogyakarta, jadi diklat ini tentunya sangat bermanfaat bagi bidang kerja saya.

Di diklat tersebut kita diberi tambahan wawasan tentang tata cara dalam mengadakan berbagai acara yang dihadiri pejabat pemerintah maupun pejabat negara. Dari tingkat daerah sampai pusat. Dari pengaturan tempat duduk, sampai mengatur susunan acara seremonial.

Sedikit cerita ajah, kami Protokol kota Yogyakarta pernah sibuk luar biasa...yaitu saat peresmian Taman Pintar (Science Park) oleh Presiden RI, Bapak Dr. Susilo Bambang Yudhoyono. Karena ternyata untuk menghadirkan RI 1 ternyata tidak mudah, aturan keprotokolan yang sangat rumit. Dari segi keamanan, kenyamanan, dan segala sesuatunya. Selain itu juga kelangsungan acara dari awal sampai akhir harus detil persiapannya. Waktu itu saya diberi tugas menjadi pembawa acara.

Kembali ke topik...
Peserta diklat tersebut adalah staf protokol se-propinsi DIY, humas beberapa Perguruan Tinggi (UGM, UII), dan beberapa perusahaan swasta di Jogja.

Foto bersama setelah acara penutupan...saya yang baju hijau di tengah.
Mejeng ah.... :)

Selain dapet teman baru, tentunya bisa refreshing...keluar sebentar dari rutinitas sehari-hari yang kadang membosankan. Dan pastinya menambah wawasan dan ilmu.