Kotagede : Makam Raja-Raja Mataram

Setelah lebih dari 8 bulan tinggal di seputaran Kotagede, rasanya ada yang kurang kalo belum jalan-jalan ke tempat yang 'kotagede banget', makanya hari Minggu kemaren, tepatnya 13 Desember 2009, saya dan suami jalan-jalan pagi ke Makam Raja-Raja Mataram. Lokasinya deket banget ama rumah saya, cukup jalan kaki sekalian olahraga. Kalo suatu saat blogger luar Jogja yang mau maen ke sini, saya anterin deh..jalan-jalan.. :)

Trus siapa yang dimakamkan di sini? Antara lain Panembahan Senopati (pendiri Kerajaan Mataram) dan Sultan Hanyokrokusumo (Raja Mataram yang menyerang Batavia).

(ki-ka) a. Plang penunjuk di depan komplek, b. Plakat yang bertuliskan sejarah singkat Panembahan Senopati, c. Pintu gerbang Masjid Besar Kotagede.

Kompleks Makam Raja-Raja Mataram terdiri dari 3 bagian. Yaitu pemakaman, masjid, dan sendang (tempat pemandian). Untuk memasuki pemakaman, ada banyak aturan yang harus diikuti. Contohnya pakaian, harus memakai baju adat Jawa, dan ketika di dalam pun tidak boleh mengambil gambar alias motret. Makanya saya cuma bisa berfoto di gapura depan makam deh..


(ki-ka) a. Suami mejeng di gapura pembatas bagian sendang dan makam, b. di balik pintu hitam itu-lah makam para raja berada.

Untuk sendang atau tempat pemandian, sampai saat ini masih bebas digunakan oleh masyarakat umum. Bahkan nggak cuma mandi, ada yang nyuci baju juga lho..heheh... sekalian buka laundry aja kali ya.. :p

Eits, ladies only, yang lain gak boleh masuk... :p

Hm..sebenernya masih banyak sudut-sudut menarik dari komplek peninggalan sejarah ini yang sayang untuk dilewatkan. Nah, maka dari itu... kalo ke Jogja jangan lupa mampir yah.. :)