Upacara Pake Baju Jawa

Kapan terakhir kalian ikutan upacara??? :t
Buat yang kerja di swasta...wah pasti dah lupa kapan terakhir ikutan upacara. Ya nggak?? hehehe. Berbeda buat saya yang kerja di lingkungan pemerintahan. Upacara, apel karyawan, atau apapun sebutannya pasti diadakan sebulan sekali.

Tapi saya mau nanya lagi, kapan upacara pake baju daerah?? wah...makin gak pernah lagi yah :) Kalo saya dan teman-teman di Jogja, paling tidak satu tahun sekali. Kami wajib upacara pake baju daerah. Kalo perempuan ya pake kebaya dan kain jarik, plus pake sanggul (bagi yang tidak berjilbab), kalo cowok ya... pake surjan ato beskap, kain jarik, blangkon, lengkap dengan kerisnya... :) Upacara memperingati Hari Ulang Tahun ke-62 Pemerintah Kota Yogyakarta yang jatuh Minggu, 7 Juni 2009 lalu.

Suasana Upacara di Halaman Balaikota Yogyakarta


Kirab Pusaka oleh para Camat di Kota Yogyakarta


Yang punya blog mejeng bareng temen sekantor, Mbak Rika (pink) dan Krisna (merah) :D

Trus, selain itu bahasa yang dipake juga bahasa jawa... Seperti berikut ini :

hormat grak = kormat gyo
siap grak = siogo gyo
laksanakan = katindakno
siap, laksanakan = sendiko
inspektur upacara = pengageng upocoro
dan sebagainya...banyak banget...sampe lupa :)

Saya yang Jogja asli, kadang2 gak ngerti maksud dari kata-kata bahasa Jawa yang digunakan dalam upacara, huff...memprihatinkan... :(

Biasanya upacara juga diiringi Korps Musik, kalo kemaren pake gamelan lengkap dengan sinden-nya (penyanyi). Saya yang orang Jogja asli, senyum-senyum, lucu gitu.. geli sendiri, gak biasa.... tapi ada baiknya juga melestarikan kebudayaan. Kalo bukan kita, siapa lagi??? ;)