Waspadalah!!

Hai para perempuan, waspadalah!!
Bulan-bulan menjelang akhir tahun seperti ini harus diwaspadai oleh para perempuan. Emang ada apaan? Karena akhir taun begini banyak sekali godaan datang dalam bentuk great sale, atau diskon gede-gedean di department store.. Tidak hanya akhir tahun sih, yang jelas menjelang hari raya, lebaran dan natal. Wah... harus hati-hati... :)

Seperti barusan, ada potongan diskon dari sebuah department store, saya dan temen kantor belum-belum udah bikin rencana mo beli ini beli itu..ck ck ck... perempuan..

Sejatinya diskon sebenernya tipuan belaka, harganya udah dinaikin dulu, jadinya harganya ya sama aja.. Dweh, kena tipuan deh :(

Tapi terkadang belanja bukan didasari oleh kebutuhan, hanya semata-mata keinginan yang pada akhirnya tidak mendatangkan manfaat apa-apa. Bahkan ada yang lebih parah, kalo lagi stress obatnya adalah belanja...waduh, parah kalo ini... Dan karena tidak didasari kebutuhan, barang-barang itu akhirnya hanya ngendon aja tak terpakai dan tak berguna.

Pengalaman pribadi nih, saya walaupun gak terlalu hobi belanja (yang bener??) pernah juga mengalami 'kalap'. Beli sesuatu tanpa didasari kebutuhan yang pasti, cuma pengen ajah, tapi gak jelas... Dan guess what? Pakaian yang saya beli sampe sekarang ini hanya numpuk di lemari dan belum sekalipun saya pakai :( kalo ngliat tuh baju-baju, nyesel ajah...duit saya cuma jadi gombal alias kain yang gak kepake.

Selain diskon, ada hal lain yang harus diwaspadai, yaitu rayuan SPG-nya. Pengalaman pribadi juga.. (oalah...ternyata diriku mudah dirayu) Pernah suatu ketika saya lagi jalan ama suami di pusat perbelanjaan. Kebetulan suami lagi bayar di kasir, saya iseng liat counter asesoris dan kosmetik. Tiba-tiba saya didatangi seorang SPG cantik yang nawarin lulur. Eh, hanya karena rayuan dapet potongan Rp.10.000,- saya beli juga tuh lulur... Sekarang, lulur itu cuma menuh-menuhin kamar mandi aja. Nggak abis-abis... Saya jadi yakin, selain saya yang tergoda, si mbaknya emang punya keahlian merayu tuh.. (ngeles).

Memang sudah seharusnya kita lebih bijaksana dalam membelanjakan uang. Lebih bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan, sehingga tidak terjadi pemborosan yang nantinya merugikan diri kita sendiri... Lagian duitnya bisa ditabung atau diinvestasikan sehingga bermanfaat untuk hari depan. Betul?