Kekenyangan? No Way..

Pernah merasa sangat kekenyangan?? pasti pernah lah..hayooo..ngaku... :) saya pun juga pernah ngerasain kekenyangan. Nggak cuma full, tapi fuuuuull... padahal gak baik dan gak sehat ya?

Ternyata adab makan pun udah diatur dalam agama dan bisa dijelaskan secara ilmiah. Pernah dengar pastinya quote berikut ini : 


1. Berhentilah makan sebelum kenyang.
Karena ternyata, perasaan 'kenyang' itu tidak serta merta muncul begitu saja ketika perut kita penuh. Perlu waktu beberapa menit, sinyal 'kenyang' yang dikirim sistem pencernaan sampai ke otak, dan kemudian kita akan merasa kenyang.

Padahal, kebiasaan kebanyakan orang *termasuk saya* tetep makan sampai merasa kenyang. Jatuhnya, bukan lagi merasa kenyang, tapi kekenyangan. Trus abis kekenyangan, ngantuk, bobok deh... jadi lemak deh.... oh nooo...

Jadi, berhentilah makan sebelum kenyang. Karena sebetulnya perut udah kenyang, tapi otak belum menerima sinyal. Tunggu beberapa saat, pasti kita akan merasa kenyang. 



2. Kunyahlah makananmu sebanyak 32 kali.
Pastinya udah tahu, dengan ngunyah sebanyak itu, tentu aja kerja pencernaan jadi ringan. Ditambah lagi... ternyata sistem pencernaan akan lebih cepat juga mengirim sinyal 'kenyang'. Semakin cepat sinyal 'kenyang' nyampe di otak.. semakin cepat pula kita merasa kenyang, dan semakin cepat pula kita berhenti makan... *smiley face*

Terus terang aja, saya juga belum lama tahu tentang sinyal-kenyang itu.. lagi berusaha tertib, walaupun kadang lupa juga.. hehe.. semoga info di atas bermanfaat yaa.. :)

*diolah dari berbagai sumber
*gambar nyari di google