Menangislah..

Banyak yang bilang "laki-laki nggak boleh nangis". Kalo saya mengartikan kalimat itu, berarti menangis itu identik dengan perempuan yah? hm, padahal menangis itu kan bukan simbol dari kelemahan, bisa saja menangis karena bahagia, terharu, tidak melulu berkaitan dengan kesedihan.

Menangis ternyata juga punya efek positif* lho, seperti yang diungkapkan oleh psikolog dari Universitas South Florida dan Universitas Tilburg Belanda yang berhasil menganalisis beberapa sukarelawan yang memiliki sekitar 3.000 peristiwa yang patut ditangisi. Hasilnya, lebih dari separuh responden mengaku merasakan perbedaan suasana hati setelah menangis, apalagi ketika mendapatkan dukungan dari orang sekitar.

Menangis juga baik, ketika sesorang menahan tangisnya agar tidak keluar, secara tidak langsung suasana hati menjadi stress dan mengakibatkan meningkatnya detak jantung, serta keringat akan keluar di sekujur tubuh. Tapi hal yang berbeda terjadi ketika menangis, mau tidak mau tubuh akan memberikan respon yang sangat baik, yaitu nafas menjadi kendur dan tubuh menjadi rileks.

Jadi, suatu saat kalo kita harus menangis, menangislah.. setidaknya bisa sedikit meringankan beban di hati, menangislah.. meminta kepada Tuhan untuk memberi kekuatan..

Menangislah, seperti lagunya Dewa 19, Air Mata :

menangislah bila harus menangis
karena kita semua manusia

manusia bisa terluka manusia pasti menangis
dan manusia pun bisa mengambil hikmah

dibalik segala duka tersimpan hikmah
yg bisa kita petik pelajaran
dibalik segala suka tersimpan hikmah
yg kan mungkin bisa jadi cobaan

*Sumber : Majalah 'Rumah Lentera' edisi 401, 4 Desember 2009